Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PALSU : Lowongan Pekerjaan Yang Mengatas-namakan Bank Mandiri

Salam untuk para sahabat Facebloggers - Kali ini saya ingin berbagi sebuah pengalaman yang baru saja terjadi pada tanggal 04 April 2013. Bagi anda yang masih baru (red: fresh) menyelesaikan kuliah, pasti tengah gencar-gencarnya mencari pekerjaan. Dengan gelar yang telah diperoleh pastilah menginginkan sebuah pekerjaan dengan jenjang karir dan gaji yang memuaskan. Nah, disaat seperti ini, kita mencoba melamar pekerjaan ke setiap kantor/perusahaan dengan mengirimkan beberapa berkas seperti Resume, Curicculum Vitae, Fotocopy Ijazah yang dilegalisir, dan Transkrip Nilai, lalu menunggu panggilan dari pihak perusahaan untuk mengikuti interview. namun, jika kita kurang cermat, maka hal ini akan dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang notabene-nya berujung penipuan. hal ini di alami oleh seseorang yang sangat dekat dengan saya, katakanlah Dw.

Pada tanggal 02 April lalu dw sempat mengirimkan beberapa lamaran pekerjaan via e-mail, salah satunya adalah e-mail untuk Bank Mandiri yang di dapat dari situs penyedia Lowongan Pekerjaan (disingkat: Loker) di internet. saat dw mengecek inbox email di pagi hari tanggal 04 April, dw mendapati sebuah surat elektronik yang menyertakan berkas berbentuk PDF yang isinya mengatakan bahwa dw mendapat panggilan interview di jakarta pada hari sabtu tanggal 06 April 2013, yang bertempat di Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 36-38 Jakarta 12190 Indonesia. dalam berkas tersebut mengatakan bahwa jawaban untuk kesediaan untuk ikut atau tidak berakhir hari itu juga pada pukul 21:00 wib dan batas pembelian tiket elektronik adalah sampai pukul 19:00 wib. biaya transportasi dan akomodasi (penginapan dan kosumsi) menggunakan metode penggantian /refund/reimbursement yaitu biaya transportasi untuk sementara ditalangi atau menjadi beban sementara Calon Karyawan dan akan mendapat penggantian biaya transportasi oleh pihak PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk setelah Calon Karyawan berada di tempat pelaksanaan kegiatan dan penggantian biaya tersebut. sungguh aneh? lalu dikatakan bahwa untuk efisiensi, efektivitas dan untuk meminimalisir segala masalah dan kendala yang mereka hadapi dalam proses penerimaan / rekruitmen Calon Karyawan sebelumnya maka PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk kerja sama dengan salah satu agen perjalanan PT. ASIA TRAVEL. Kerjasama ini dimaksudkan guna memperlancar kegiatan tersebut terutama dalam proses resevasi tiket pesawat / ticketing calon karyawan, proses mobilisasi dan proses demobilisasi calon karyawan (antar-jemput dari Airport ke tempat pelaksanaan kegiatan begitupun sebaliknya). kemudian kami dapati juga keterangan pada halaman nomer 4 butir ke-4, tercantum nama Ketua Tim Rekruitment atas nama bapak Bambang Hermanto, namun menyertakan nomer handphone. serta pada butir ke-5 poin 2 mengatakan sebagai berikut :

Untuk reservasi tiket/ticketing para peserta seleksi diharuskan untuk reservasi tiket transportasi/pesawat pada:

PT. ASIA TRAVEL
Bpk.DHARMADI / 0823 4498 1897

terang saja kami makin merasa aneh dengan keterangan-keterangan tersebut. terlebih lagi ketika melihat halaman 7 pada bagian "tanya jawab" dari PT. Asia Travel mengenai e-ticket.
lihat butir ke-12
apakah pihak bank mandiri juga melakukan joke seperti itu? akhirnya setelah interview disebuah perusahaan, kami pun berinisiatif untuk singgah di Bank Mandiri pusat yang tidak terlalu jauh dari tempat interview tersebut. sesampainya disana kami melapor pada pihak security lalu kami di ajak menghadap pimpinan dan manager bank tersebut. Setelah beberapa saat menunggu, pihak bank mandiri jakarta mengkonfirmasi ke-absahan lowongan kerja yang di dapat oleh dw adalah palsu. Mereka menjelaskan bahwa memang benar mereka sedang membuka lowongan pekerjaan akan tetapi mereka tidak pernah mengganti biaya transportasi, dan biasanya dipanggil ke kantor pusat hanya untuk training, itupun menggunakan biaya pribadi. Mengenai nama ketua tim rekruiment tersebut memang benar tetapi hanya copy paste dan bisa di dapat melalui web resmi mandiri. Begitupula dengan kerjasama dengan agen perjalanan, mereka (red: Bank Mandiri tbk) tidak pernah bekerjasama dengan agen perjalanan manapun untuk itu dan perihal lainnya. Dan beberapa penjelasan lainnya yang disampaikan pada kami.
Akhirnya kami pulang dengan tenang dan mengucapkan syukur hamdallah, hampir saja tertipu oleh panggilan interview yang mengatasnamakan bapak Bambang Hermanto dari Bank Mandiri. Lalu kami bergumam dijalan pulang, jika saja kita tidak teliti serta gegabah, mungkin saja saat mengkonfirmasi e-ticket pada costumer service malah dikatakan tidak terdaftar oleh maskapai penerbangan yang bersangkutan ataupun sesampai di airport bakalan menunggu sampai keringat darah tak bakalan ada petugas dari PT. Asia Travel yang menjemput di airport menuju ke tempat pelaksanaan itu. Tinggallah harapan semu disana.. hahahaha

dan ini nih, email penipu tersebut => rekrutmen.mandiri@gmail.com <= silakan mark di list anda agar tidak jadi korban berikutnya.
 
Nah, sahabat facebloggers sekalian, dari rajutan kisah diatas mungkin bisa menjadi sebuah pengalaman untuk kamu yang masih sangat baru dalam dunia nyata ini. Tidak boleh gegabah dalam mengambil keputusan, telitilah terlebih dahulu dengan baik dan benar, cari informasi tentang perihal terkait, dan yang terakhir bersabarlah! Jika giat berusaha kamu pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu idamkan! jangan lupa berdo’a juga ya :)

Sekian dan Terima Kasih.


Kind Regrads,

Kalahitam

Mau donasi lewat mana?

BCA - Wahyu U. Putra (Change)

BRI - Wahyu U. Putra (7632-0100-8728-539)

JAGO - Wahyu U. Putra (1030-9045-3066)

DANA - Wahyu U. Putra (0851-7444-2818)
Menyukai artikel ini? Ayo dukung dengan donasi. Klik tombol merah.

1 comment for "PALSU : Lowongan Pekerjaan Yang Mengatas-namakan Bank Mandiri"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete